Berita Transfusi Darah
5 Manfaat Dari Donor Darah PDF Print E-mail
Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan:

1. Menjaga kesehatan jantung
Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.
Comments (0)
Read more...
 
Obat Diabetes (Penurun Kadar Gula Darah) PDF Print E-mail

Sumber

Penyakit diabetes pasti rekan-rekan sudah mengetahui bukan ? Penyakit diabetes adalah penyakit kelebihan kadar gula dalam darah kita. Kelebihan kadar gula atau diabetes ini dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Orang yang terkena diabetes akan mudah lemas, badan terasa berat dan jika terkena luka sangat sulit / butuh waktu lama untuk sembuh.

Kadar Gula Darah yang berlebihan disebabkan oleh tidak sempurnanya proses metabolisme zat makanan dalam sel tubuh. Zat gizi dan sari makanan diserap di usus halus dan dibawa oleh darah ke dalam sel. Di dalam sel, sari-sari makanan tersebut diubah menjadi energi atau pun zat lain yang diperlukan tubuh.

Jika proses pengangkutan zat gula darah (glukosa) ke dalam sel terganggu, maka glukosa tidak dapat terserap ke dalam sel dan tertinggal di dalam darah. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi. Penyerapan glukosa ke dalam sel dibantu oleh sejenis hormon yang disebut insulin.

Comments (0)
Read more...
 
Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) PDF Print E-mail

Sumber

 DEFINISI
Tekanan Darah Tinggi (hipertensi) adalah suatu peningkatan tekanan darah di dalam arteri.

Secara umum, hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan yang abnormal tinggi di dalam arteri menyebabkan meningkatnya resiko terhadap stroke, aneurisma, gagal jantung, serangan jantung dan kerusakan ginjal.

Pada pemeriksaan tekanan darah akan didapat dua angka. Angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi (sistolik), angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi (diastolik).
Tekanan darah ditulis sebagai tekanan sistolik garis miring tekanan diastolik, misalnya 120/80 mmHg, dibaca seratus dua puluh per delapan puluh.
Dikatakan tekanan darah tinggi jika pada saat duduk tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, atau tekanan diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih, atau keduanya.
Pada tekanan darah tinggi, biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik.

Pada hipertensi sistolik terisolasi, tekanan sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, tetapi tekanan diastolik kurang dari 90 mmHg dan tekanan diastolik masih dalam kisaran normal. Hipertensi ini sering ditemukan pada usia lanjut.
Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah; tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.
Comments (0)
Read more...
 
Tekanan Darah PDF Print E-mail

Sumber

Sebelum membahas mengenai tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang tekanan darah. Saat Anda melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan klinis ke dokter, biasanya ada alat khusus yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa tekanan darah. Alat untuk memeriksa tekanan darah disebut sphigmomanometer atau dikenal juga dengan tensimeter. Ada tensimeter digital dan ada juga tensimeter air raksa yang masih umum digunakan untuk pemeriksaan klinis.

Memeriksa Tekanan Darah

Saat memeriksa tekanan darah, ada dua angka yang biasanya disebut misalnya 120/80. Apa yang dimaksud angka-angka tersebut?

Sistolik

Angka pertama (120) yaitu tekanan darah sistolik, yaitu tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak (sistol). Sering disebut tekanan atas.

Diastolik

Angka pertama (90) yaitu tekanan darah diastolik, yaitu tekanan saat jantung beristirahat di antara saat pemompaan. Sering disebut tekanan bawah.

Dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah dengan menyuruh Anda duduk atau berbaring, karena itu posisi terbaik untuk mengukur tekanan darah. Lalu dokter biasanya akan mengikat kantung udara pada lengan kanan kecuali pada lengan tersebut terdapat cedera. Setelah itu, dilakukan pengukuran tekanan darah. Perbedaan antara tekanan sistolik dan diastolik disebut tekanan denyut.

Comments (0)
Read more...
 
« StartPrev12345NextEnd »

Page 2 of 5

  • PROSEDUR MENDAPATKAN DARAH DARI PMI

    Jika pasien memerlukan darah, maka dokter akan memberikan surat permintaan darah kepada PMI mengenai jumlah dan golongan yang diperlukan.
  • Pengambilan Darah

    1.       Oleh petugas yang berwenang.
    2.       Menggunakan peralatan sekali pakai.
    3.       250
    -350 ml, tergantung berat badan.
    4.       Mengikuti Prosedur Kerja Standar.
    5.       Informed Consent : Darah diperiksa terhadap IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) ; Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, Sifilis).
  • Manfaat Donor Darah

    1.     Dapat mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya.

    2.     Anda secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menonor/tiap 3 bulan sekali ) yang meliputi :

    • Tekanan Darah, Nadi, dan Suhu

    • Tinggi Badan, Berat Badan (Body Mass Index)

    • Haemoglobine, Penyakit Dalam

    • Penyakit Hipatitis B dan Hipatitis C

    • Penyakit HIV/AIDS

    3.     Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 orang pasien yang berbeda.

    4.     Darah anda dapat menyelamatkan jiwa orang lain secara langsung.

    5.     Pendonor yang secara teratur Mendonorkan Darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung sebesar 30 %   (British Journal Heart) seperti serangan jantung Koroner dan Stroke.

  • Syarat - Syarat Calon Donor Darah :

     1.     Umur 17 - 60 tahun
     2.     Berat badan 50 kg atau lebih
     3.     Kadar Hemogblin 12,5 g/dl atau lebih
     4.     Tekanan darah 120/140/80 - 100 mmHg
     5.     Nadi 50-100/menit teratur
     6.     Tidak berpenyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, penyakit perdarahan, kejang, kanker, penyakit kulit kronis.
     7.     Tidak hamil, menyusui, menstruasi (bagi wanita)
     8.     Bagi donor tetap, penyumbangan 5 (lima) kali setahun.
     9.     Kulit lengan donor sehat.
    10.   Tidak menerima transfusi darah/komponen darah 6 bulan terakhir.
    11.   Tidak menderita penyakit infeksi ; malaria, hepatitis, HIV
    /AIDS.
    12.   Bukan pencandu alkohol/narkoba
    13.   Tidak mendapat imunisasi dalam 2
    /4 bulan terakhir.
    14.   Beritahu Petugas bila makan aspirin dalam 3 hari terakhir.
  • Jenis Donor Darah

    Ada dua macam donor darah yaitu :
    1.    Donor keluarga atau Donor Pengganti adalah darah yang dibutuhkan pasien dicukupi oleh donor dari keluarga atau kerabat pasien.
    2.    Donor Sukarela adalah orang yang memberikan darah, plasma atau komponen darah lainnya atas kerelaan mereka sendiri dan tidak menerima uang atau bentuk pembayaran lainnya. Motivasi utama mereka adalah membantu penerima darah yang tidak mereka kenal dan tidak untuk menerima sesuatu keuntungan.

     

  • Pengertian Transfusi Darah

    Transfusi Darah adalah proses pemindahan darah dari donor yang sehat kepada penderita.

    Pada tahun 1900 Dr. Loustiner menemukan 4 macam golongan darah :

    1.  Golongan darah A

    2.  Golongan darah B

    3.  Golongan darah AB

    4.  Golongan darah O

    Selain itu tahun 1940 ditemukan golongan darah baru yaitu Rhesus Faktor positif dan rhesus faktor negatif pada

    sel darah merah (erythrocyt). Rhesus Faktor positif banyak terdapat pada orang Asia dan Negatif Pada orang Eropa, Amerika, Australia.

  • Blood4life Creator

    Blood4life Creator:

    1. Muhammad Ihsan Nugraha (S1 Sistem Informasi 2008)
    2. Viedyah Hutami (S1 Informatika 2007)
    3. Miftah Rizki Santoso (S1 Informatika 2008)
    4. Nora Putri Carolina (S1 Teknik Industri 2008)
    5. Iqbal Surya Adi Permana (S1 Teknik Telekomunikasi 2009)
    6. Walesa Danto (Alumni S1 Informatika 2007)
    7. Lukman Hakim (S1 Teknik Telekomunikasi 2008)

    Pembimbing
    Mahmud Imrona ST.,MT. (Dosen IT Telkom)

     


Copy Right 2011 Blood4Life Indonesia. Selamatkan Nyawa dengan Internet.
Supported by: DIKTI, Institut Teknologi Telkom, dan KSR PMI Unit IT Telkom
Valid XHTML and CSS.

Secured by Siteground Web Hosting